WHEN I FIND MY PEACE OF MIND, I'M GONNA GIVE YOU SOME OF MY GOOD TIME

Thursday, October 18, 2007

It's all in the head..

Kemungkinan besar lo udah pernah dpt teka-teki Einstein yang ini, kan?

ALBERT EINSTEIN'S RIDDLE

ARE YOU IN THE TOP 2% OF INTELLIGENT PEOPLE IN
THE WORLD? SOLVE THE RIDDLE AND FIND OUT.

There are no tricks, just pure
logic, so good luck and don't give up.
  1. In a street there are five houses, painted five different colours.
  2. In each house lives a person of different nationality.
  3. These five homeowners each drink a different kind of beverage, smoke
    different brand of cigar and keep a different pet.

THE QUESTION: WHO OWNS THE FISH?

HINTS

  1. The Brit lives in a red house.
  2. The Swede keeps dogs as pets.
  3. The Dane drinks tea.
  4. The Green house is next to, and on the left of the White house.
  5. The owner of the Green house drinks coffee.
  6. The person who smokes Pall Mall rears birds.
  7. The owner of the Yellow house smokes Dunhill.
  8. The man living in the centre house drinks milk.
  9. The Norwegian lives in the first house.
  10. The man who smokes Blends lives next to the one who keeps cats.
  11. The man who keeps horses lives next to the man who smokes Dunhill.
  12. The man who smokes Blue Master drinks beer.
  13. The German smokes Prince.
  14. The Norwegian lives next to the blue house.
  15. The man who smokes Blends has a neighbour who drinks water.

ALBERT EINSTEIN WROTE THIS RIDDLE EARLY DURING THE 19th CENTURY. HE SAID THAT
98% OF THE WORLD POPULATION WOULD NOT BE ABLE TO SOLVE IT.


Pertama gw dpt teka-teki ini dulu gw mikir bentar, terus bingung krn soalnya ga nyinggung ikan sama sekali, tapi tau-tau yang ditanyain ikan!? Dan gw gagal jadi member "TOP 2% OF INTELLIGENT PEOPLE IN THE WORLD".

Tapi setelah gw baca suatu postingan blog tentang ini, gw bisa nemuin jawabannya! :D Bukan karena di sana ada clue-clue tambahan, tapi karena penulisnya bisa nemuin jawabannya dan dia kyknya sangat meng-encourage kita untuk juga nyari jawabannya karena itu sama sekali bukan hal yang mustahil. Tiba-tiba gw dpt wangsit kalo yang disebutin di soalnya cuma empat: anjing, burung, kucing, sama kuda; kyknya maksudnya yang satu laginya ya ikan itu tadi. Terus gw juga dpt ilham mengenai gimana cara untuk mecahin teka-teki ini. Maka sekarang gw bisa bergabung dengan "TOP 2% OF INTELLIGENT PEOPLE IN THE WORLD" (bebas iuran tahun pertama)..

Menurut gw yang paling susah emang nyari CARA untuk ngerjainnya, coz kalo lo udah tau caranya tinggal dikerjain aja pelan-pelan nanti juga dpt jawabannya. :) Buat lo yang blm tau jawabannya, berminat nyoba sekarang? ;) Then tell me how you solve it..

Dan yang juga menakjubkan adalah gimana performance kita dipengaruhi oleh mindset kita sendiri. Dulu dpt teka-teki itu gw ga terlalu semangat ngerjainnya, dibilang 98% ga bisa jawab ya udah, makin ga gw pikirin.. Tapi begitu ada orang yang bilang bisa nemuin jawabannya dan "memotivasi" gw untuk nyari jawabannya juga, gw bisa tuh! :P

Terakhir ternyata ada pemecahan teka-teki ini secara lebih ilmiah. Pake Excel segala! (Gw juga pake bantuan Excel tapi cuma sebatas numpang corat-coret, bukan buat diitung-itung segala macem..) Agak sinting rupa-rupanya. Dan ternyata, teka-teki Einstein bukan cuma 1 itu doang! Kumpulan teka-teki Einstein ini dikenal dengan The Bear and The Neighbours. Yang di atas itu yang The Neighbours, ini yang The Bear-nya:


The famous physicist made this riddle for his scholars. A fellow encountered a bear in a wasteland. There was nobody else there. Both were frightened and ran away. Fellow to the north, bear to the west. Suddenly the fellow stopped, aimed his gun to the south and shot the bear. What colour was the bear?If you don't know, this may help you: if the bear ran 3.14 times faster than the fellow (still westwards), the fellow could have shot straight in front of him, however for the booty he would have to go to the south.

But hey, tunggu dulu.. Kembali ke The Neighbours, kan emang ga ada yang bilang binatang peliharaan ke-5 itu ikan..? Itu kan cuma asumsi gw aja.. Jadi yang gw dapet cuma "orang yang ga jelas miara apaan", bukan "orang yang miara ikan"..

*phew.. TOP-2%-OF-INTELLIGENT-PEOPLE-IN-THE-WORLD CLUB, I'm out.

10 Comments:

Anonymous Anonymous said...

*wakz.. Comment-nya siti ke-delete.. Sorry.. siti gave us a new riddle: "A slim crocodile living in Nile took a child. Mother begged to give him back. The crocodile could not only talk, he was also a great sophist, and so he stated: "If you guess correctly what I will do with him, I will return him. However, if you don't guess his fate I'll eat him." What statement shall the mother make to save her child?"

Gw coba jawab, ya..

"You will eat my child."

Kalo bnr ya anaknya harus dikembaliin kan; tapi kalo salah, terus anaknya mo dimakan, lho jadi bnr kan jawabannya anaknya mo dimakan, jadi tetep harus dikembaliin anaknya.. :)

Eh, tapi kalo anaknya dikembaliin, jawabannya jadi salah dong (kan anaknya ga jadi dimakan), jadi anaknya harus dimakan dong??? Tapi kalo anaknya mo dimakan, jawaban yang tadi jadi bener lagi..

Arrrgh.. Try not to deal with any sophist from the first place, siti! :D

3:48 PM

 
Anonymous Anonymous said...

sial...
gw kira gw termasuk yg 2% itu, padahal dah susah2 mikir...

setelah baca postingan lu sampe habis, emang bener... GAK ADA YG MELIHARA IKAN!

adanya si orang Jerman di rumah hijau yg ngerokok Prince sambil minum kopi, tapi nggak tau melihara apa...??
ooops, spoiled out

7:39 PM

 
Anonymous Anonymous said...

No problemo, Jay.. The pleasure is in finding it out, either you already know the answer or not. :)

Welcome to The 98% OF NOT-SO-INTELLIGENT PEOPLE Club! :D

9:47 AM

 
Anonymous Anonymous said...

kalo di buku artificial intelligence: modern approach yang jadi buku pegangan kuliah dasar AI saya itu ada di soal terakhir latihan bab 5, Constraint Satisfaction Problem, beda nama2nya aja. Pake tree yang njelimet cara penyelesaiannya. Kalo saya sih pake excel ngerjainnya n ternyata bisa. hehehe.. :D

5:39 AM

 
Anonymous Anonymous said...

*hehehe.. Tingkat tinggi bung ridwan ini rupanya..

4:26 PM

 
Blogger Prabandana said...

hahah bagus rip!! kereen.. tapi parah lu dah buat bikin gw telat mandi pagi hahaha..
10 menit pertama gw cuman bolak balik dari kalimat pertama sampai terakhir tanpa hasil, sampai kemudian nyadar.. ini semua info dah ada!!! tinggal kita kumpulin, klasifikasi, dan list semua kemungkinan.. terus dengan mengulang kalimat per kalimat, kita eliminasi kemungkinan2nya..
jadilah jawabannya kyk disini:
http://www.flickr.com/photos/13081646@N06/1940748826/

dulu, aku tmasuk org yg acak..ndak sistematis..tapi kyknya setahun ini jadi terpengaruh buday2 org2 sini yg serba sistematis.. hiks..
(mode bijak: ON )moral teka teki ini (IMHO):
1. informasi tuh kadang2 semua ada, kita yg musti nyari n klasifikasi
2. kadang2 method yg sistematis perlu juga.. strategi dulu baru hajar..
3. jangan lupa mandi pagi tepat waktu...

10:06 AM

 
Anonymous Anonymous said...

Since you've spoiled it all out already, Bung Dana.. Kita bongkar saja sekalian! :D

Gw juga mecahin teka-teki ini dengan cara yang sangat mirip. Gw menyebut metode ini dengan "metode Sudoku"! (Make sense, kan? :D) Eh, Jepang lagi Jepang lagi.. :)

Thanks for sharing!

9:43 AM

 
Anonymous Anonymous said...

Baru visit blog kamu.. gara2x cari no hp kamu di LDAP. Jadi tertarik baca2x artikel-nya....

Eh .. si Norwegian bukan?

12:57 PM

 
Anonymous Anonymous said...

Arief... gak jadi...ternyata si German yang punya fish....

Ngomong2x beruangnya warna apa?

6:54 PM

 
Anonymous Anonymous said...

*hehehe.. Iya, Si German Mbak Peggy. Kalo beruang itu warnanya putih katanya (beruang kutub). :D Thanks for visiting!

1:29 PM

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home